Home / Konstruksi / Struktur Baja Ringan Untuk Rangka Atap

Struktur Baja Ringan Untuk Rangka Atap

Ilustrasi struktur baja bangunan

Struktur Baja Ringan – Baja ringan merupakan rangka atap metal yang bahannya terbuat dari baja dengan mutu yang sangat tinggi. Biasanya menggunakan Hi Ten G550 dengan tambahan lapisan aluminium dan zinc. Tentu juga ada beragam merk baja ringan. Baja ini biasanya dibentuk hingga sangat tipis kemudian ditarik hingga bisa sangat kokoh dan sesuai dengan standarnya sehingga saat diinjak akan mampu menahan bagian genteng dan plafon hingga usia 10 tahun.

Untuk proses memasang atap metal berstruktur baja ringan ini adalah dengan membuat kuda – kuda. Bagian ini memiliki fungsi untuk rangka utama dan juga sebagai gording. Lempengannya biasanya memiliki bentuk ‘U” atau bisa juga dengan bentuk “I” atau bentuk-bentuk lain. Dan setelah memasang kuda – kuda tahapan selanjutnya adalah dengan memasang reng. Reng ini adalah pengikat dari kuda – kuda dan gording yang memiliki posisi melentang tepat di bagian atasnya.

Untuk kuda – kuda dan gording biasanya dapat diikat dengan menggunakan reng sehingga akan membuat bentuk rangka yang kuat dan kokoh. Sedangkan untuk lempengan dari rek sendiri biasanya memiliki bentuk dan ukuran yang tidak besar dengan memiliki fungsi sebagai penahan genteng dan juga pengatur barisan dari genteng sehingga genteng akan lebih rapi dan juga lebih kokoh. Dan berikut adalah contoh struktur baja ringan untuk pemasangan atap diantaranya adalah :

Membuat Kuda – kuda

Proses membuat kuda – kuda terdiri dari :

  • Sambungan atas untuk baja ringan
  • Tumpuan baja ringan yang ada di bagian dinding
  • Pemasangan skor untuk pengaku

Proses duduk baja ringan pada dinding dengan menggunakan bracket dengan bentuk “L”

Proses ini biasanya akan dipasangkan untuk daerah pitching point. Produk “L” ini tersedia di pabrik dan biasanya memiliki bentuk dari pabrikan. Namun ada juga yang kadang membentuknya sendiri. Anda bisa memasangkannya dengan dinding atau dengan ring balok dengan bantuan dynabolt.

Proses pasang Reng Baja Ringan

Jika anda sudah selesai memasang rangka dari merk baja ringan pilihan pada bagian dinding maka langkah selanjutnya anda bisa memasangkannya di atas kuda – kuda baja ringan. Proses pemasangannya usahakan dengan jarak. Untuk memasangkannya anda bisa sesuaikan dengan jenis dari atas yang akan anda digunakan nantinya.

Proses Pemasangan Lisplang

Setelah tiga proses diatas selesai selanjutnya anda bisa menggunakan lisplang dengan model GRC atau bentuk lisplang polos dengan tambahan urat kayu untuk melakukan prosesnya.

Memasang Atas Penutup

Jika proses selesai anda bisa langsung melakukan proses pemasangan atap metal penutup. Untuk penutupnya sendiri anda bisa menggunakan genteng dari bahan keramik, batu, metal pasir, metal non pasir hingga jenis lainnya disesuaikan dengan pilihan anda. Setelahnya maka proses pemasangan struktur baja ringan untuk atap selesai. Jika anda benar dalam proses pemasangannya maka ini akan bisa bertahan hingga waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *