Home / Peralatan Dapur / Sejarah dan macam-macam griddle

Sejarah dan macam-macam griddle

Macam-macam Griddle

Griddle sebagai alat masak yang berbentuk plat datar sudah memiliki sejarah penggunaan sejak lama. Bahannya dulu bisa dari tanah liat, batu datar, hingga kerikil-kerikil. Sekarang griddle umumnya terbuat dari logam. Contoh penggunaan griddle adalah dalam membuat roti panggang yang umum dijajakan di pinggir jalan di Indonesia. Di Jepang, masakan-masakan yang dimasak di atas plat besi seperti griddle dinamakan sebagai teppanyaki.

Pada tahun 1960-an, barulah griddle listrik mulai digunakan dan dipilih oleh banyak orang. Griddle listrik ini penggunaannya lebih praktis dibandingkan griddle konvensional sehingga banyak digunakan. Griddle listrik hanyalah salah satu jenis griddle yang banyak digunakan. Ada beberapa jenis lain.

Ada griddle outdoor yang dari namanya sudah jelas menunjukkan lokasi penggunaan griddle ini. Griddle outdoor biasanya berbentuk lebih besar namun tidak memiliki gagang sehingga perlu hati-hati dalam penggunaannya. Griddle ini biasa digunakan untuk acara seperti berkemah, piknik, atau pesta outdoor. Pengalaman memasak dengan griddle outdoor ini tidak kalah dengan suasana barbecue atau BBQ.

Selain itu ada juga cast iron griddle atau griddle besi. Griddle besi biasanya sudah disertai dengan gagang dari bahan nonkonduktif yang tidak menghantarkan panas, sehingga aman bagi pengguna. Penghantaran panas di griddle ini cukup cepat dibandingkan jenis lain, namun karena bahannya terbuat dari besi, griddle ini biasanya lebih berat. Tidak heran, griddle ini dibuat dari leburan besi sesuai namanya.

Yang populer adalah griddle listrik. Griddle listrik memiliki panas yang lebih merata dibandingkan griddle lain. Pengaturan panasnya juga lebih mudah karena menggunakan listrik. Mungkin yang harus diperhatikan sama seperti alat-alat masak listrik lain. Pastikan berhati-hati dalam menggunakan griddle ini supaya tidak tejadi korsleting. Griddle listrik ukurannya bisa sangat beragam tergantung kebutuhan, seberapa besar ukuran makanan yang mau dibuat.

Selain griddle untuk penggunaan sehari-hari atau rumah tangga, ada juga griddle untuk keperluan komersial, yakni dapur hotel, restoran, atau catering (horeca). Biasanya griddle komersial menggunakan baja A36 sebagai bahan plat pemanas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *